PERATURAN DALAM BERMAIN CRICKET

Dalam permainan kriket, pelatih tidak diperbolehkan ikut campur dalam pertandingan. Semua keputusan dan strategi ditentukan oleh kapten tim. Berbeda sekali dengan baseball yang semua keputusan ada di tangan pelatih termasuk memilih pemain yang turun ke lapangan.

Pada permainan kriket masing-masing tim terdiri dari;
1.    Kapten Tim bertugas menentukan strategi dan pemain yang turun ke lapangan di awal pertandingan.

2.  Batsman, bertugas memukul bola. Setiap pemukul memiliki dua kali kesempatan memukul bola kemudian digantikan oleh rekan yang lain. Jika satu pemukul gagal, maka ia harus keluar dari lapangan dan digantikan oleh pemain lain pada tim.



3.     Bowler, bertugas melempar bola.



4.    Fielders, memiliki peran sebagai penangkap bola yang dipukul oleh pemain lawan. Jika berhasil menangkap bola, tim pemukul tidak akan mendapatkan skor atau run.



5. Wicket keeper, sama seperti fielders, wicket keeper bertugas untuk menangkap bola yang tidak dapat dipukul oleh batsman. Posisi wicket keeper berada di belakang batsman dan di depan gawang kriket yang berupa tiga tongkat berdiri sejajar di belakang pemukul.

6. Mid On and Mid Off, merupakan tangan kanan batsman yang berada di kiri (mid off) dan kanan (mid on).

7. Gully, bertugas menangkap bola sebelum bola meluncur lebih jauh dan membuka peluang pemain lawan untuk berlari. Berada di belakang pemain yang bertugas sebagai slips.

8. Slips, berjumlah 4 orang yang berdiri berjajar di belakang gawang di bagian off side, di antara area pemukul bola dan third man.

9. Long On and Long Off, berada di sebelah kiri bowler (long on) dan sebelah kanan bowler (long off).


Kriket memiliki dua babak dalam satu kali pertandingan. Dalam setiap babak permainan kriket tidak memiliki ketentuan waktu yang pasti. Kriket dimainkan berdasarkan jumlah over yang terdiri dari 6 bola atau lemparan. Pada kejuaraan kriket dunia, ODI (One Day International) Test dalam satu babak memiliki 90 over yang berarti 540 bola sementara pada ketentuan umunya, setiap babak hanya memiliki 50 over yang berarti 300 bola. Maka tak heran jika olahraga ini dimainkan dalam kurun waktu yang sangat lama. Minimal satu harian, dan tidak menutup kemungkinan permainan ini selesai dalam beberapa hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 BESAR TIM NASIONAL CRICKET TERBAIK DUNIA

GAMBAR-GAMBAR PERLENGKAPAN OLAHRAGA CRICKET

CARA BERMAIN DAN UKURAN LAPANGAN CRICKET